Hebat Siswa-Siswi SMA 10 Semarang Ciptakan Ovaprim dari Urine Ibu Hamil

Perkembangan budidaya ternak ikan khususnya dalam usaha pembenihan ikan lele telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Untuk merangsang pemijahan misalnya, dapat digunakan hormon buatan atau hormon sintesis. Beberapa jenis hormon sintesis tersebut misalnya, ovaprim, HCG dan LHRH.

Memang Hormon ovaprim sudah mudah diperoleh di toko-toko yang menjual berbagai macam kebutuhan budidaya perikanan. Sayangnya, harganya masih relatif mahal lantaran diimpor dari luar negeri.

Siswa-siswa SMA 10 Semarang berhasil menciptakan ovaprim dari urine ibu hamil. Melalui hasil laboratorium, urine ibu hamil diketahui mengandung protein yang cukup tinggi. Sebab itu, inovasi ovaprim yang mereka buat ini mampu memberikan rangsangan hormon untuk mempercepat kematangan gonad.

"Hasilnya cukup mengejutkan, ovaprim dari urine ibu hamil ini dua kali lebih mempercepat proses ovulasi ketimbang hanya menggunakan ovaprim biasa yang ada di pasaran," kata Yana, salah seorang siswa SMA 10 Semarang yang temui Suara Merdeka CyberNews di Pameran Produk Inovasi (PPI) 2011, Sabtu (1/10).

Hebat Siswa-Siswi SMA 10 Semarang Ciptakan Ovaprim dari Urine Ibu Hamil

Mereka memperoleh urine ibu hamil itu dari tetangga-tetangga serta bekerja sama dengan beberapa rumah sakit bersalin di Semarang. Ovaprim karya mereka dapat diperoleh di stan SMK 10 di pameran yang digelar di PRPP Jateng, Jalan Anjasmoro ini. Pameran yang menampilkan ratusan produk inovasi dan kreativitas yang dihasilkan masyarakat, akademisi, serta pelajar di Jateng ini digelar pada Jumat (30/9) kemarin hingga Minggu (2/10) besok.

Selain inovasi ovaprim, di stan SMK 10 Semarang juga memamerkan kreasi pelet (pakan ikan) yang diolah dari limbah ikan. Limbah ikan yang digunakan di antaranya seperti bagian isi perut ikan, hingga kepala ikan. Olahan pelet ini selain berfungsi sebagai pakan ikan, juga mampu mengurangi limbah.

Informasi Lain