Pantas Bangga 2 Mahasiswa UGM Pamerkan Penelitian di Eropa

Sebanyak dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) yang saat ini sedang menjalani Rotasi Klinik, baru-baru ini mempresentasikan hasil penelitian mereka pada acara konferensi biomedis terbesar di dunia European Student Confrence (ESC) di Charite Universitatmedizin, Berlin, Jerman.

Adapun penelitian yang dilakukan Erlangga berjudul "Effectof Noni (Morinda citrifolia L.) water extract on Frequency of Macrophages Expressing COX-2 Enzymes on CFA (Complete Freund Adjuvant) Induced Rattus Novergicus ".

Pantas Bangga 2 Mahasiswa UGM Pamerkan Penelitian di Eropa
Penelitian di bidang farmakologi yang dibimbing Setyo Purwono dan Ahmad Ghozali tersebut membahas pengobatan tradisional buah mengkudu pada penyakit reumatoid artritis dengan model tikus.

Sementara itu pada acara tahunan dunia tersebut, Rossi mempresentasikan penelitiannya yang berjudul "Acute Phase Histocompatibility Test of Gypsum-Carbonate Apatite Mixture in Rat's Soft Tissue".

Penelitian di bidang histologi tersebut membahas bagaimana respon tubuh terhadap bahan substitusi tulang yang berasal dari campuran gipsum-karbonat apatit. Penelitian Rossi dibimbing oleh Rina Susilowati dan Ika Dewi Ana.

Keduanya mengaku, banyak manfaat yang didapatkan dalam keikitsertaan di ESC kali ini.

"Diantaranya dapat menyebar luaskan penelitian yang telah dilakukan, berlatih mempublikasikan jurnal ilmiah pada event internasional," demikian yang dikutip keterangan tertulis yang diterima okezone, Senin (26/9/2011).

Tidak hanya itu, mendapatkan ilmu dan teknologi terbaru didunia kesehatan dan turut memacu kegiatan penelitian oleh mahasiswa Indonesia khususnya kedokteran.

Keduanya berharap mudah-mudahan semakin banyak ilmuwan muda Indonesia yang terdorong untuk mempublikasikan dan mempresentasikan penelitiannya di kancah internasional. (OKEZONE.COM)

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...