Mahasiswa UPI jadi Finalis Komponis Muda Asia Tenggara

Karya komposisi musik kontemporer mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Diecky Kurniawan Indrapraja terpilih dalam kompetisi Komponis Muda Asia Tenggara 2011.

Kompetisi besutan Goethe Institut Jakarta yang bekerja sama dengan UPI, Kyai Fatahillah dan Ensemble Mosaik tersebut merupakan ajang dua tahunan bertaraf internasional.

Melalui seleksi yang sangat ketat, komposisi musik kontemporer karya Diecky termasuk salah satu dari sepuluh komposer muda se-Asia Tenggara yang terpilih untuk dilombakan di ajang bertaraf internasional tersebut.

Berhasil menonjol dari 70 karya musik tinggi dan sepuluh karya lainnya, Diecky akan mempertaruhkan karyanya untuk menjadi tiga besar dihadapan juri internasional.

Ada pun karya mahasiswa S-2 Pendidikan Seni Sekolah tersebut yakni Interruption (An Interaction) dengan konsep sebuah perenungan keheningan, suka duka yang saling mendekap.

"Konsep dualisme dan keberbedaaan merupaka ide dasar dalam karya Interruption. Sebuah dikotomi, antara polifonik dengan monofonik, yang lokal dengan yang universal, yang progresif dan yang konservatif, menjadikan tangisan dan senyuman memberi arti dalam hidup," jelas Diecky seperti yangh dikutip laman UPI, Minggu (25/9/2011).

Karya Diecky dan sembilan karya lainnya akan dimainkan oleh Ensemble Mosaik dengan Kyai Fatahillah pada saat pelaksanaan lomba 8 Oktober mendatang di Bandung. (kampus.okezone.com)

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...