Lomba Paduan Suara Tingkat SMA Se-DIY Jateng

Dinamika kehidupan manusia dari waktu ke waktu selalu menghasilkan suatu peradaban baru. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dibidang seni merupakan bentuk konkrit yang kita rasakan sebagai hasil dari kemajuan peradaban manusia tersebut. Oleh sebab itu, mampu merespon dan memberikan umpan balik terhadap setiap perkembangan dan perubahan yang ada, merupakan kunci untuk tetap bisa eksis didalamnya dan bahkan mungkin untuk menjadi pemenang. Sehingga dapat dikatakan, bahwa seni pada kondisi seperti ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer masyarakat.

Seni merupakan sebuah fitrah bagi manusia yang diciptakan sebagai mahkluk yang sempurna yang memiliki agama, budaya, bahasa, cinta, dan kasih sayang, yang tentunya semua itu dapat kita temukan pada seni dan musik. Manusia dibekali “Sense Of Art”, untuk digunakan di alam dan lingkungannya sebagai mahkluk yang mulia. Seni suara sebagai sebuah manifestasi dari Tuhan dapat kita kelompokkan sebagai salah satu keindahan yang dimiliki setiap manusia.

Pesatnya perkembangan dunia paduan suara, kini telah mencapai setiap lini kehidupan masyarakat diseluruh penjuru dunia. Hal ini dibuktikan dengan sering diadakannya event kepaduan suaraan baik yang berskala regional (daerah), provinsi, tingkat nasional, bahkan ke tingkat internasional sekalipun. Keadaan seperti inilah yang telah mampu mendorong kemajuan bagi insan-insan seni khususnya insan pecinta paduan suara, untuk dapat terus mengembangkan kualitas dan kemampuannya di bidang seni suara. Akan tetapi, perlu kita ingat bahwa ada sebagian kalangan yang menganggap bahwa paduan suara merupakan sebuah “Ritual Pemujaan”, oleh sebab itu kami ingin menepis anggapan tersebut, paduan suara bukan sebuah “Ritual Pemujaan”, tetapi sesuatu yang dapat dipahami dan diterima sebagai sebuah seni yang melahirkan keindahan, keharmonisan, persaudaraan, kebersamaan dan persatuan.

Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa”Sunshine Voice” UMY, menyadari bahwa sebagai insan yang terpelajar dan mencintai seni suara, memiliki tanggung jawab yang besar untuk dapat menjadikan seni suara atau paduan suara sebagai sarana pembuktian bahwa seni suara bukan hanya sebagi ajang ritual akan tetapi sebagai ajang penciptaan kreatifitas, keindahan, persaudaraan dan kebersamaan.

Untuk itu Paduan suara Mahasiswa ”Sunshine Voice UMY tahun ini, ingin mempersembahkan sebuah event yang menggabungkan keanekaragaman kebudayaan Indonesia dengan adanya ‘Lomba Paduan Suara SMA se DIY-JATENG’ dengan tema Save Our Culture with Choir, dimana setiap peserta membawakan lagu-lagu rakyat (daerah) Indonesia.

Event ini kami persembahkan bentuk partisipasi kami dalam menjaga kebudayaan bangsa Indonesia karena kami sadar sebagai generasi muda kamilah yang sebenarnya bertanggung jawab dalam melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia dari pihak-pihak yang mencoba mengintervensi kebudayaan bangsa Indonesia. Kami sengaja menyelenggarakan event besar ini di kota Yogyakarta karena kita tahu bahwa Yogya adalah miniatur kecil dari kebudayaan bangsa Indonesia sehingga penikmat seni yang ada di Yogya pastilah sangat beragam dengan latar belakang kebudayan daerah mereka masing-masing untuk itu event ini kami persembahkan kepada masyarakat Jogya pada khususnya dan pecinta seni kebudayaan daerah pada umumnya.

Lomba dengan mengangkat tema lagu khas daerah yang tidak bisa kita nikmati setiap saat menjadikan acara lomba ini sangat diharapkan kesuksesannya oleh kami khususnya dan berbagai pihak pada umumnya. Namun Keinginan dan tujuan kami ini kiranya tidak dapat terlaksana tanpa partisipasi dan bantuan dari pihak-pihak yang terkait. sehingga acara ini dapat terselenggra dengan baik.

Dengan tujuan ini, maka kami Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Sunshine Voice UMY merasa terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi aktif mengadakan sebuah karya seni dan mewujudkannya dengan mengadakan lomba Paduan Suara SMA se DIY-JATENG.

TEMA KEGIATAN
Tema dari kegiatan ini adalah Save Our Culture with Choir dengan menyanyikan lagu-lagu rakyat (daerah) Indonesia yang dapat mewujudkan dan menambah rasa cinta kita pada tanah air Indonesia.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Ingin mengenalkan dan mengembangkan budaya dan seni bangsa Indonesia melalui lagu–lagu rakyat Indonesia.
  2. Sebagai sarana menumbuh kembangkan prestasi bagi siswa SMA dalam hal seni tarik suara khususnya bidang Paduan suara.
RANGKAIAN KEGIATAN

I. Technical Meeting
Technikal meeting akan dilaksanakan pada tanggal 16 OKTOBER 2011, bertempat di Ruang Sidang Gedung Student Center UMY .

II. UJI COBA PANGGUNG
Uji coba panggung adalah waktu khusus yang diberikan kepada peserta LPS yang mana dapat mencoba secara langsung keadaan panggung saat akan berkompetisi nanti. Uji coba panggung ini bukan merupakan kewajiban bagi peserta. Ketentuan dalam uji coba panggung yakni :
  1. Uji coba panggung akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2011 mulai pukul 14.00 WIB
  2. Waktu uji coba panggung adalah 10 menit per paduan suara. Waktu ini termasuk naik panggung, uji coba akustik, turun panggung. Tidak ada penambahan waktu untuk alasan apapun.
  3. Tempat Ruang Mini Theatre UMY.
III. OPENING CEREMONY
Opening ceremony adalah peresmian dimulainya kegiatan LPS UMY 2011. Dalam pembukaan rangkaian kegiatan LPS UMY 2011 ini akan dilakukan oleh rektorat UMY sebagai tuan rumah penyelenggara. Oleh sebab itu panitia akan mengundang dua orang perwakilan paduan suara dari peserta untuk dapat menghadiri acara ini. Dalam acara ini peserta juga dapat berinteraksi dengan panitia secara langsung.

IV. CLOSING CEREMONY
Closing ceremony adalah puncak acara LPS UMY 2011. Dalam acara ini setiap juara akan menampilkan kebolehan mereka. Dalam pelaksanaan ini juga akan dilakukan penyerahan tropi bagi para juara dan sertfikat bagi para peserta paduan suara tersebut.

KETENTUAN LOMBA

a. Ketentuan Peserta
Peserta adalah seluruh murid SMA Sederajat (SMK, MA) yang berasal dari kawasan DIY-JATENG

b. Ketentuan Penyanyi
Penyanyi atau peserta LPS terdiri atas laki-laki dan perempuan dan berasal dari sekolah masing-masing (Pelajar SMA sederajat Se-DIY JATENG).

c. Ketentuan Penilaian
Untuk menjaga ketertiban bersama, saat lomba berlangsung peserta hanya diperbolehakan masuk dan keluar panggung melalui jalur yang telah disediakan oleh panitia.

* Pembawaan Lagu
Peserta dapat membawakan lagu secara bebas sesuai dengan urutan yang telah diberikan kepada panitia. Dalam membawakan lagu peserta tidak diperkenankan untuk membawa partitur, Lagu yang dibawakan harus sesuai dengan partitur yang telah di berikan panitia LPS UMY 2011.

* Pengambilan Nada Dasar
Pengambilan nada dasar dapat dilakukan oleh dirijen atau pemain alat musik apabila memang ada yang bermain musik.

* Pengulangan
Pada saat penampilan penampilan paduan suara tidak diperkenankan untuk menghentikan lagu ditengah nyanyian atau mengulangi lagi lagu tersebut dengan alasan yang tidak jelas.

* Dirijen

Dalam paduan suara ini ketentuan untuk dirijen yaitu tidak boleh menjadi dirijen untuk dua atau lebih kelompok paduan suara.

* Partitur
Penggunaan partitur lagu yang telah dipublikasikan saat penampilan diatas panggung harus sesuai dengan pertitur asli atau telah diotorisasi.

* Urutan penampilan
Urutan penampilan peserta dalam tiap kelompok akan diatur oleh panitia LPS UMY 2011 dan ditentukan pada saat technical meeting.

* Pelanggaran Lomba
Peserta yang menyalahi ketentuan aturan lomba yang telah ditetapkan panitia lomba akan dikenakan sanksi berupa
(1) pengurangan nilai
(2) diskualifikasi dan peserta yang durasinya melebihi dari ketentuan yang sudah ada akan dikurangi satu point. Dan peserta ini akan diberitahu secara langsung oleh pihak panitia LPS UMY 2011.

KETENTUAN LAGU

* Lagu Wajib
Dalam lomba paduan suara ini peserta membawakan satu lagu wajib, yaitu lagu
“Do’a Anak Negeri” (partitur disediakan oleh panitia).

* Lagu Pilihan
Peserta membawakan satu lagu pilihan dengan arransemen bebas.

Lagu pilihan :
1. Walang Kekek
2. Yamko Rambe Yamko
3. Ketipak Ketipung
4. Sinanggar Tulo

Ketentuan Pendaftaran

* Syarat Pendaftartaran

1. Peserta lomba paduan suara wajib mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.
2. Peserta lomba paduan suara ini dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,00

* Tempat Pendaftaran dan Pembayaran Lomba

Peserta lomba paduan suara dapat menghubungi :
Sekretariat Panitia Lomba Paduan Suara SMA UMY
Kantor UKM PSM Sunshine Voice UMY
Gedung Student Centre, Lantai Dasar, Ruang no 1
Kampus Terpadu UMY (JL. Lingkar Selatan, Taman Tirto, Kasihan Bantul Yogyakarta 55183)
Email : ssvumy_lps11@yahoo.com
Contact Person : Ika (085641155199), Asep (082138169859)

Biaya Pendaftaran dapat dikirim ke
BRI Cabang Yogyakarta
No rek : 358601014079533
Atas Nama : Akhmad Usman Affandi

Jangka Waktu Pendaftaran
Pendaftaran Paling Lambat 10 Oktober 2011

Lomba Paduan Suara Tingkat SMA Se-DIY Jateng

Informasi Lain