Lomba Karya Tulis November - Jaminan Sosial dan Perlindungan Terhadap Pekerja - Jamsostek Berhadiah Rp 111 Juta

PT Jamsostek (Persero) dalam rangka memperingati 34 tahun berdirinya pada 5 Desember 2011, akan menyelenggarakan Jamsostek Journalistic Award (JJA) 2011. Lomba karya tulis yang ditujukan bagi kalangan masyarakat umum, mahasiswa, akademisi, dan juga wartawan ini memperebutkan total hadiah Rp 111 juta.

Sejak diundangkan 19 tahun yang lalu, peraturan tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) seperti harus bermetamorfosa. Ini tidak hanya sekadar melayani pekerja formal yang berada di perusahaan-perusahaan swasta, tapi harus mengembangkan pelayanannya dengan cakupan kepesertaan lebih luas lagi.

Bahkan, jaminan sosial tenaga kerja harus ikut berubah dalam hal sistem pelayanan dan pengelolaan manajemen perusahaan agar mampu mengikuti perkembangan jaminan sosial secara universal, serta memberi manfaat yang lebih baik kepada peserta. Tidak dapat dimungkiri apabila jaminan sosial yang satu ini dapat diterima oleh kalangan pekerja swasta, meski belum sepenuhnya diterima dengan kelapangan hati dan pikiran oleh para pengusaha sebagai pemberi kerja.

Lomba Karya Tulis November - Jaminan Sosial dan Perlindungan Terhadap Pekerja - Jamsostek Berhadiah Rp 111 Juta

Namun, setidaknya dalam perjalanan waktu 19 tahun bahwa jaminan sosial mampu membuktikan memberi perlindungan yang sesungguhnya kepada pekerja khususnya dan masyarakat umumnya. Apalagi, UU No. 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sudah disahkan, meski belum dilaksanakan secara penuh, tapi setidaknya saat ini tengah dipersiapkan lembaga penyelenggaranya dalam bentuk Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menuju sistem jaminan sosial universal.

Melalui karya tulis yang dimuat di media kampus, online maupun media cetak diharapkan semua pemangku kepentingan mengenai program jaminan sosial tenaga kerja dapat berupaya dengan cepat mengoptimalkan pelayanan kepada peserta, sekaligus mendorong implementasi SJSN yang menyeluruh.

Tema : "Jaminan Sosial dan Perlindungan Terhadap Pekerja"
Sub Tema : "Peranan PT Jamsostek (Persero) dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja"

Syarat dan Ketentuan :
  1. Pelaksanaan lomba ditetapkan dari hasil tulisan yang dimuat pada 1 Oktober sampai dengan 26 November 2011, di media cetak, media online dan juga media kampus (bukti dilampirkan).
  2. Panjang tulisan minimal 3.000 karakter yang diserahkan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy yang diserahkan kepada panitia paling lambat 29 November 2011.
  3. Penetapan pemenang JJA 2011 oleh dewan juri tersebut tidak dapat diganggu gugat siapapun
Juri :
  1. Penjurian dilakukan pihak independen yang juga pakar dan praktisi jaminan sosial, yakni :
  2. Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK) Muji Handaya (Wakil dari Kemenakertrans),
  3. Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga (wakil dari direksi),
  4. Pengajar Universitas Indonesia Prof. Tjipta Lesmana (Wakil dari akademisi),
  5. Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Rekson Silaban (wakil dari organisasi pekerja).
  6. Direktur International Labour Organization (ILO) untuk Indonesia Peter van Rooij.
SOURCE : SITUS JAMSOSTEK

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...