Lomba Karya Tulis Juni 2011 - LKT Sejarah - Kemenbudpar - Direktorat Nilai Sejarah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Lomba Karya Tulis Sejarah (LKTS) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan dan lisan (presentasi) diikuti mahasiswa (terbuka untuk semua jurusan ilmu sosial dan eksakta) dengan sub tema: ”Aktualisasi Nilai-nilai Nasionalisme dalam Perspektif Sejarah”. Melalui lomba ini peserta akan meningkat kemampuannya dalam memahami nilai-nilai sejarah untuk memperkuat jati diri dan membangun karakter kaum muda Indonesia. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Topik pilihan :
  1. Peranan tokoh sejarah lokal dan nasional
  2. Peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di tingkat lokal dan nasional
  3. Sejarah kelembagaan yang terkait nilai-nilai nasionalisme Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
a. Ketentuan Naskah :
  1. Judul dan isi sesuai sub tema dan topik pilihan yang ditetapkan panitia.
  2. Karya tulis terdiri atas: Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Isi berisi jawaban atas rumusan masalah. Pada bagian akhir Kesimpulan.
  3. Gunakan sumber-sumber (data sejarah) yang menunjang karya tulis, baik sumber tertulis (dokumen, literatur, suratkabar, dll) maupun hasil wawancara dan kunjungan perpustakaan, museum, website, internet, dll.
  4. Murni hasil karya sendiri (bukan plagiat atau saduran) dan belum pernah ikut lomba sebelumnya dan dipublikasikan di media massa.
  5. Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  6. Naskah diketik di atas kertas A4 (21x29,7 cm.), 80 gram, maksimal 15 (limabelas) halaman (termasuk halaman judul, halaman pengesahan, daftar isi, daftar pustaka, dan biodata), menggunakan huruf Times New Roman - font 12, spasi 1,5.
  7. Margin kiri 4 cm, margin atas, bawah, dan kanan 3 cm.
  8. Halaman sampul (cover) berisi: judul, nama penulis, nomor induk mahasiswa, nama perguruan tinggi, dan tahun (2011).
  9. Halaman pengesahan berisi nama penulis, nomor induk mahasiswa, judul, nama pembimbing dan tandatangan, serta diketahui dan ditandatangani Ketua Jurusan, lalu dicap dengan stempel jurusan.
  10. Biodata lengkap (termasuk nomor hp/telp rumah agar memudahkan dihubungi panitia) diletakkan di halaman terakhir.
  11. Mengirimkan satu naskah beserta softcopy (CD) via Pos ke Panitia Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS) 2011 dengan alamat Direktorat Nilai Sejarah, Kompleks Kementerian Pendidikan Nasional- Gedung E Lt. 8, Jl. Jenderal Sudirman-Senayan, Jakarta, atau melalui email Direktorat Nilai Sejarah : nilaisejarah_budpar@yahoo.co.id, selambat-lambatnya Rabu, 22 Juni 2011. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
b. Kriteria Penilaian :
  1. Kaitan judul dengan tema
  2. Alur penulisan
  3. Penelusuran dan penggunaan sumber
  4. Teknik presentasi (bagi 6 finalis) Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
c. Tahapan seleksi :
  1. Seleksi tahap I, dilaksanakan pada Minggu keempat Juli 2011 oleh Panitia untuk memilih karya tulis yang memenuhi persyaratan pada (a) ketentuan naskah (1 s.d 10).
  2. Seleksi tahap II, dilaksanakan pada Minggu kedua Agustus oleh Dewan Juri untuk memilih enam finalis karya tulis terbaik yang akan diundang ke Palu. Pengumuman enam finalis akan disampaikan pada Website Direktorat Nilai Sejarah : http//www.budpar.go.id, selambat-lambatnya pada Minggu ketiga Agustus 2011.
  3. Seleksi tahap III, dilaksanakan di Palu, pada Kegiatan PENTAS 2011. Enam finalis mempresentasikan karyanya di hadapan Dewan Juri guna menentukan urutan pemenang. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
d. Ketentuan Lain
  1. Panitia menanggung biaya transportasi pesawat udara (kelas ekonomi), akomodasi, dan konsumsi enam finalis (dari luar Provinsi Sulteng) selama berada di Palu.
  2. Panitia menghubungi enam finalis pada minggu ketiga Agustus 2011.
  3. Bagi para pemenang panitia menyediakan hadiah berupa: total hadiah senilai Rp. 22.000.000, (dua puluh dua juta rupiah) tropi, dan sertifikat.
  4. Seluruh karya yang diterima panitia menjadi milik Direktorat Nilai Sejarah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
  5. Karya tulis terbaik akan diterbitkan dan didistribusikan ke perpustakaan sekolah seluruh Indonesia. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Ttd Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Panitia Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
SOURCE

Informasi Lain

1 komentar:

Taman Ilmu mengatakan...

Info menegenai lomba karya tulis, artikel, opini atau semua ajang yang dapat meningkatkan produktivitas serta kreativitas mahasiswa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. oleh karena itu, info lomba ini sangat bermanfaat bagi kami sebuah lembaga penelitian dan penalaran UNM.

What's on Your Mind...