Lomba Ide Bisnis April 2011 - Indonesian Student Entrepreneurship Award (ISEA) - Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Andalas

Kondisi kehidupan yang bersifat dinamis menyebabkan pola kehidupan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada salah satu aspek kehidupan, akan tetapi lebih jauh merambah ke seluruh aspek terutama dalam bidang perekonomian dan teknolgi informasi tentunya. Kondisi ini menuntut setiap individu harus mampu memberikan jawaban terhadap tantangan hidup yang terus menerus mengalami perubahan tersebut. Salah satu pilihan yang dianggap tepat untuk menjawab tantangan kondisi ini adalah dengan mengembangkan pola hidup mandiri dan berwirausaha (enterpreneurship). Fakta akhir-akhir ini menyatakan bahwa sektor wiraswasta dari kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti menjadi bidang usaha yang tahan terhadap deraan krisis keuangan global. Disaat perusahaan-perusahaan besar mengencangkan ikat pinggang dan melakukan PHK massal demi efisiensi, sektor UKM dan Wiraswasta justru berkembang. Selain itu, realitas kehidupan membuktikan bahwa tidak sedikit diantara para pegawai negeri ataupun kantoran yang memiliki usaha lain (second job) disamping pekerjaan utamanya demi memenuhi kebutuhan hidup.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/

Di lain sisi kita dapat melihat bahwa perkembangan teknologi beberapa dekade terakhir menunjukkan peningkatan yang semakin pesat. Perkembangan ini terkait dengan peran yang begitu besar yang diperoleh dari penggunaan teknologi informasi pada aktivitas manusia saat ini. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan dari berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan yang mendasar termasuk pada struktur operasi dan manajemen organisasi perusahaan dan Usaha Kecil Menengah.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Untuk menciptakan bisnis yang bisa bersaing di masa depan, seorang enterpreneur yang kompetitif harus bisa mengintegrasikan bisnis yang dibuat dengan ketersediaan teknologi informasi. Persaingan yang semakin ketat menuntutnya untuk selalu harus dekat dengan konsumen. Dan cara yang paling efektif untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan teknologi informasi. Kemampuan teknologi informasi dapat mendekatkan jarak dan waktu antara konsumen dan usaha yang dijalankan.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Menyikapi betapa pentingnya berwirausaha serta menerapkan teknologi informasi (e-commerce) dalam dunia usaha, mahasiswa sebagai agent of change sudah sepatutnya bertindak dalam memajukan perekonomian nasional melalui suatu kegiatan yang dapat meningkatkan dan membentuk entrepreneur serta menjadikan universitas sebagai produsen entrepreneur yang berbasis teknologi informasi. Untuk menjembatani keinginan mahasiswa dalam menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam berwirausaha tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Andalas mengangkat sebuah acara Indonesian Student Enterpreneurship Award 2011 (ISEA 2011). Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa di Indonesia mampu belajar mengembangkan ide bisnis yang kreatif serta mampu mengimplementasikannya dalam dunia nyata. Hal ini tentunya akan membuka sebuah lapangan kerja yang baru dan secara tidak langsung dapat mendobrak pintu keterpurukan perekonomian Indonesia.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Kegiatan ini berbentuk kegiatan perlombaan business plan tingkat nasional yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2011 (Indfest 2011). Peserta yang telah mendaftar kemudian membuat sebuah rencana usaha (business plan) dengan kriteria tertentu dan mengumpulkan laporan rencana bisnis tersebut kepada panitia yang bersangkutan. Business plan yang telah dibuat tersebut kemudian dipresentasikan dihadapan beberapa orang juri dan dihadiri oleh peserta lain maupun pengunjung biasa. Juri memutuskan pemenang berdasarkan kriteria tertentu dan diumumkan di akhir acara bersamaan dengan penyerahan hadiah.

Tema Acara : “Create Business and Make IT Different”

Peserta :
Kegiatan ini bisa diikuti oleh Mahasiswa/i dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Ketentuan Umum :
  1. Peserta terdaftar sebagai mahasiwa aktif diploma atau S1 Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di Indonesia.
  2. Peserta dapat perorangan atau kelompok maksimal 4 orang.
  3. Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda namun masih dalam satu Perguruan Tinggi.
  4. Usaha yang dikembangkan harus mengandung unsur Teknologi Informasi.
  5. Usaha belum pernah menang dan meraih hadiah apapun dalam lomba yang lain.
  6. Format laporan usaha tidak ditentukan (terserah peserta), namun harus diketik rapi.

Adapun prosedur pendaftaran acara Indonesian Student Entrepreneurship Award ini adalah sebagai berikut :
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Pendaftaran dapat dilakukan mulai dari 01 April - 28 April 2011 dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat di-download pada link berikut :

Download Formulir
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Download Paduan Indonesian Student Entrepreneurship Award

Biaya pendaftaran sebesar :Rp 50.000,-
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke rekening Bank BNI :

Rek. Number : 0134450414

Atas Nama : Nanda Kurniawan

Formulir pendaftaran yang telah diisi dikirimkan bersamaan dengan laporan usaha dan lampiran lainya melalui pos ke :
PO BOX INDFEST 2011 1730 PADANG.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Berkas Yang Dikirim :
1. Formulir Pendaftaran
2. Proposal bisnis (2 rangkap)
3. Fotokopi Kartu Mahasiswa
4. Bukti Pembayaran(asli)

Adapun Rangkaian Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :

1. Pendaftaran (01 April - 28 April 2011)

2. Babak Penyisihan (29 - 30 April 2011)
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Pada babak penyisihan ini proposal bisnis dengan jenis usaha yang berbasis IT (Information Technology) yang telah dikirimkan akan diseleksi oleh tim reviewer. Bisnis / usaha yang berbasis IT merupakan sebuah usaha yang nantinya akan dikembangkan atau dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi informasi, seperti online shopping, game online, jejaring sosial dll. Pada babak ini akan terpilih 10 finalis, yang akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2011 melalui website panitia.

3. Babak Final (11 Mei 2011)
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Babak ini akan diikuti oleh 10 orang finalis yang telah lulus kualifikasi. Setiap finalis diminta untuk mempresentasikan laporan usahanya dihadapan beberapa orang dewan juri. Presentasi dilakukan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Andalas dengan menyiapkan hal-hal sebagai berikut :

Slide presentasi
Media Promosi (misal: flash movie, x-banner, poster, dll
Prototype (optional)
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
SOURCE

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...