Lomba Fotografi April 2011 - Industrial Festival - “Colour of Indonesian Culture” Universitas Andalas

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan daerah. Beberapa diantaranya yaitu tarian tradisional, upacara adat, kerajinan tangan, alat musik tradisional, dll. Kebudayaan daerah merupakan suatu aset dan jati diri bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan ini mulai terkikis sehingga banyak budaya asing yang masuk dan mempengaruhi generasi bangsa. Melihat kondisi ini, negara lain yang menyadari betapa indah dan uniknya kebudayaan Indonesia mengambil kesempatan untuk “mencuri” dan meng-klaim beberapa budaya Indonesia sebagai budaya mereka. Lebih parahnya lagi, mereka pun bahkan berjuang mati-matian untuk tetap mengakui itu sebagai kebudayaaan mereka.

Selain itu, kebanyakan orang juga menilai bahwa semua kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan tradisional itu kuno dan tidak bagus. Hanya segelintir orang yang berpikiran sebaliknya. Padahal jika diperhatikan lebih jauh lagi, semua kebudayaan tradisional sebenarnya banyak mengandung nilai religious, sejarah, keindahan, keunikan, dan lain sebagainya. Kebudayaan tradisional ini pun tersisihkan karena semakin gencarnya kebudayaan modern masuk melalui media komunikasi baik melalui surat kabar, televisi, maupun media yang sedang populer saat ini yaitu internet.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/

Kebudayaan tradisional ini harus dilestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Hal ini dilakukan untuk dapat mempertahankan warisan berharga dari leluhur kita yang terdahulu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk itu. Salah satunya adalah dengan melakukan publikasi terhadap kebudayaan tradisional yang kita miliki. Dengan melakukan publikasi secara luas, masyarakat indonesia khususnya generasi muda, akan menyadari suatu fakta bahwa mereka tinggal di negara yang sangat kaya akan kebudayaan daerah dan termotivasi untuk melakukan suatu tindakan nyata untuk melestarikannya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan harapan tersebut, dirasakan perlu untuk mengangkat suatu acara perlombaan fotografi sebagai wujud nyata perhatian dan sarana publikasi terhadap kebudayaan tradisional di Indonesia.

Lomba dan Workshop Photography

Ketentuan Lomba Fotografi :
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Kegiatan ini berbentuk kegiatan perlombaan fotografi tingkat nasional yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Industrial Festival 2011 (Indfest 2011). Seperti halnya dengan perlombaan fotografi lainnya, peserta diminta untuk mengirimkan hasil karya mereka sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Karya berupa potret kebudayaan daerah yang dikirimkan tersebut kemudian dipemerkan dalam sebuah galeri. Penilaian untuk menentukan karya terbaik dilakukan oleh beberapa orang juri. Pengunjung pameran pun diberikan kesempatan untuk melakukan penilainya untuk menentukan juara favorit.

Tema Acara :

Acara lomba fotografi ini diangkat dengan tema “Colour of Indonesian Culture”
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Tim Juri Lomba Fotografi :
  1. Don Hasman (Fotografer Profesional)
  2. Risman Marah (Fotografer Profesional)
  3. Putri Reno Intan (Praktisi Kesenian Sumatera Barat)

Ketentuan Umum :
  1. Peserta hanya dapat menggunakan kamera digital.
  2. Foto yang diperlombakan harus mengandung unsur kebudayaan daerah Indonesia.
  3. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 karya foto berbeda.
  4. Foto merupakan milik pribadi (bukan karya orang lain), belum pernah dipublikasikan ke media massa dan belum pernah meraih hadiah apapun dalam lomba yang lain.
  5. Foto masih asli dan tidak ada manipulasi teknis dengan photo software maupun pada saat cetak. Namun, pemotongan (cropping) dan pengaturan cahaya diperbolehkan.
  6. Foto yang dikirim tidak diperkenankan mengandung unsur provokatif, pornografi, merendahkan citra institusi, ataupun menyinggung SARA dan sadisme.

Prosedur Perlombaan :
Melakukan Pendaftaran sesuai dengan ketentuan pendaftaran yang telah kami tetapkan. Info pendaftaran dapat dilihat pada
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Menu Pendaftaran
  1. File karya foto akan diseleksi pada tanggal 27 – 28 April 2011. Dari penyeleksian tersebut akan terpilih 100 orang finalis yang akan diumumkan melalui website panitia pada tanggal 29 April 2011.
  2. Finalis yang terpilih wajib mengirimkan cetak foto ukuran 10 R dan dibalik foto harus dilekatkan kertas yang memuat data: Judul foto; Nama dan Alamat pemotret ; No. Telp/hp ; Tanggal ; Lokasi pemotretan beserta keterangan singkat tentang objek foto.
  3. Foto dimasukkan ke dalam amplop tertutup beserta bukti slip pembayaran dan fotocopy kartu pelajar (untuk siswa), fotocopy kartu mahasiswa (untuk mahasiswa), fotocopy KTP (untuk peserta umum). Dan di sudut kiri atas amplop ditulis “Lomba Fotografi – Colour of Indonesian Culture”.
  4. Foto harus diterima panitia paling lambat tanggal 6 Mei 2011 pukul 17.00 WIB dengan dikirim melalui pos ke PO BOX INDFEST 2011 1730 PADANG atau bisa diantar langsung ke Sekretariat Indfest, Gedung Jurusan Teknik Industri, Kampus UNAND Limau Manis (bagi peserta dari Kota Padang dan sekitarnya)
  5. Foto 100 orang finalis tersebut akan dipamerkan selama rangkaian acara Industrial Festival pada tanggal 9 – 12 Mei 2011 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Andalas.
  6. Pemenang (Juara I, II, III dan Favorit) akan diumumkan pada hari terakhir pelaksanaan Acara Industrial Festival.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Lain-Lain :
  1. Bagi finalis yang terkendala dalam pencetakan dan pengiriman foto, panitia dapat membantu dalam pencetakan tersebut. Namun, peserta tersebut akan dikenakan biaya pencetakan sebesar Rp 30.000. Pembayarannya dapat dilakukan dengan cara mentransfer ke nomor rekening panitia.
  2. Kemudian kirimkan hasil scan“bukti struk pembayaran” ke email panitia dan lakukan konfirmasi pembayaran dengan menghubungi ke 085766146746 (a.n. Verdi Radinal Gusman)
  3. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap melakukan kecurangan. Keputusan dewan juri adalah sah dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Panitia akan melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk melindungi karya peserta, namun panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kehilangan yang timbul selama pengiriman dan pameran.
Info Lengkap di : http://infolombaku.blogspot.com/
Untuk Info Lebih Lanjut bisa mengunjungi website

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...