Lomba Desain Agustus 2011 - Lomba Desain Batik Amerika (American Batik Design Competition) Kedutaan Besar Amerika

Pada Jumat, 8 April 2011, Duta Besar RI untuk AS Dr. Dino Patti Djalal meluncurkan pelaksanaan Kompetisi Desain Batik Amerika (American Batik Design Competition). Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah untuk menduniakan batik.

Sebagaimana diketahui, UNESCO, sejak tahun 2009, secara resmi telah menobatkan batik sebagai salah satu "Warisan Budaya Dunia" (the Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dari Indonesia. Dengan pengakuan yang resmi dari badan dunia tersebut, inilah saatnya kita memasuki tahap berikutnya, yakni "bagaimana menduniakan batik." Demikian ditegaskan oleh Duta Besar RI, Dr Dino Patti Djalal.

Melalui acara ini KBRI Washington DC ingin meningkatkan apresiasi terhadap batik di Amerika Serikat dan mendorong akulturasi batik dalam kemajemukan budaya Amerika Serikat. Karena itu dipilih tema "The Spirit of America in the Heritage of Batik."

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dan menganjurkan rakyat Indonesia untuk menggunakan batik. Untuk itu, selayaknya kita mempromosikan batik sebagai bukti kecintaan terhadap warisan budaya nasional.
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Untuk menjawab tantangan tersebut, lebih lanjut Dubes RI menyampaikan bahwa tantangan besar yang dihadapi adalah bagaimana membuat bangsa lain terpesona dengan keluhuran budaya batik Indonesia, untuk ikut mempelajarinya dan bahkan turut mengembangkannya. "Batik adalah budaya kreatif Indonesia untuk segala zaman yang perlu kita sebarkan dan share ke seluruh dunia, dengan harapan dapat menginspirasi dan mewarnai budaya bangsa lain. Batik Indonesia sendiripun dalam beberapa hal juga dipengaruhi oleh budaya lain - seperti Tiongkok dan India. Dengan menduniakan batik, kita berharap suatu hari akan ada batik Rusia, batik Afrika, batik Arab, batik Tiongkok, batik Latin, dan lainnya. Inilah bukti bahwa budaya luhur Indonesia dinikmati, diapresiasi dan dikembangkan oleh bangsa-bangsa dunia."
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Dubes Dr Dino Patti Djalal yakin bahwa abad-21 adalah abad multikulturalisme; "Kita kini sedang menyaksikan berbagai arus pertukaran dan pembauran yang luar biasa - antara peradaban, budaya, ide, inovasi. Dalam lautan pembauran ini, budaya yang tegar adalah budaya yang bisa mendunia. Karena itulah, batik Indonesia juga harus go international, dan dalam proses itu kita juga harus siap melihat batik semakin beradaptasi atau bermutasi di Negara lain, sepanjang rohnya tetap batik, tetap dari Indonesia. Dalam kaitan tersebut, kompetisi /lomba design batik se-Amerika Serikat ini lebih dari cerminan pesona budaya Indonesia, namun juga cerminan cultural self confidence Bangsa Indonesia sebagai emerging power dunia".
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Kompetisi American Batik Design dapat diikuti oleh warga AS berusia 16 tahun ke atas. Kompetisi terbuka untuk kalangan pelajar, profesional, desainer, dan siapa saja yang mempunyai ketertarikan pada desain tekstil. Kompetisi ini hanya mencakup desain motif batik, dan tidak termasuk proses pembuatan batik secara keseluruhan. Kompetisi ini berskala nasional (se-Amerika Serikat) dengan kategori desain batik yang mencerminkan ciri khas Amerika.

Dalam rangka mempromosikan batik, KBRI Washington DC, beserta KJRI di seluruh Amerika (Chicago, New York, Houston, Los Angeles, San Francisco) akan menggelar kompetisi untuk mendorong para desainer di AS untuk merancang batik bergaya Amerika - "American style batik". Peluncuran kegiatan ini dilakukan oleh masing-masing Perwakilan RI di AS. Peluncuran di Washington DC diadakan pada 8 April 2011; dan di New York direncanakan pada 20 April 2011); San Francisco - 29 April; dan Chicago - 19 Mei 2011.
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Tenggat waktu batas pengumpulan desain batik untuk ikut kompetisi adalah tanggal 1 Agustus 2011. Keseluruhan acara berlangsung hingga bulan November 2011. Pengumuman pemenang dilakukan di San Francisco, November 2011, menjelang KTT APEC di Honolulu.
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Juri akan terdiri dari panel yang berasal dari ahli dan pecinta batik di Indonesia dan AS, desainer fesyen, dan wakil-wakil dari desainer tekstil.
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Dari seluruh partisipan akan dipilih 6 (enam) pemenang. Tiga pemenang terbaik mendapat hadiah Batik Tour ke Indonesia dan hadiah uang; tiga pemenang lainnya mendapatkan hadiah uang saja. Selain itu, para pemenang akan berkesempatan melakukan pameran desain batik-nya di Indonesia dan AS.
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/

Kontak informasi media lebih lanjut dapat diperoleh melalui Bagian Penerangan KBRI Washington DC Attn. Heru H. Subolo, Tel. 202-775-5200, Fax. 202-775-5349 E-mail : hsubolo@embassyofindonesia.org
Info Lengkap di http://infolombaku.blogspot.com/
SOURCE

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...