Lomba Fotogarfi Gada PETRA Surabaya Geest Van De Architectuur 2011

LATAR BELAKANG

Indonesia adalah negara yang kaya. Tidak hanya kaya akan hasil alamnya, namun  juga kaya akan  kebudayaan. Kebudayaan yang beraneka ragam inilah yang membuat tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda-beda serta keunikannya masing-masing.

Seperti halnya dalam bidang arsitektural, akibat dari kebudayaan yang beraneka ragam  inilah maka bangunan di Indonesia juga beraneka ragam. Namun sayangnya, penghargaan dan rasa bangga masyarakat Indonesia sendiri terhadap bangunan arsitektur Indonesia sangat kurang, sehingga bangunan Indonesia pun terkesan terlupakan dan ditinggalkan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran dan mengembangkan rasa bangga masyarakat Indonesia khususnya para mahasiwa, maka Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra ingin mengadakan lomba dan pameran fotografi Geest Van de Architectuur yang terbuka bagi mahasiswa aktif se-Indonesia dengan tema Indonesia Identity.

TIM JURI

Yori Antar
Adalah arsitek kenamaan dari Jakarta, yang juga merupakan seorang fotografer bangunan tingkat internasional. Sejak 1991 beliau telah ditunjuk sebagai fotografer freelance untuk Aga Khan Award dalam bidang arsitektur, dan pernah ditunjuk oleh pemerintah Kota spanyol sebagai fotografer resmi dari bangunan Sagrada Familia, sebuah karya arsitek kenamaan Antonio Gaudi.

Yuyung Abdi
Berprofesi sebagai Redaktur Foto Harian Jawa Pos, memiliki pengalaman sebagai wartawan foto Jawa Pos sejak tahun 1995. Beliau juga telah menerbitkan beberapa buku, antara lain buku fotografi jurnalistik Lensa Manusia 2004 dan Sex for Sale, Potret Faktual Prostitusi 27 Kota di Indonesia. Merupakan pengajar Fotografi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, serta pengajar fotografi dan foto jurnalistik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, Indonesia.

Budi Darmawan
Merupakan fotografer senior negeri ini yang sudah banyak meraih prestasi Nasional maupun International. Bergabung dengan Perkumpulan Senifoto Surabaya pada tahun 1966, dan sejak tahun 1977 sampai sekarang masih aktif sebagai juri Salon Foto Indonesia. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya yaitu Medali Emas pada salon foto di Shanghai, penghargaan pada Silk Air Photo Contest di Singapore, pameran foto di Korea Utara dan Taiwan, juara I Lombafoto dengan judul Air di Jakarta Photo Club, dan lain-lain. Beliau juga sudah menerbitkan buku koleksi karya fotonya dengan judul My Pictorial Journey.

HADIAH DAN PAMERAN
Juara 1 : Uang Tunai Rp. 5.000.000,00
Juara 2 : Uang Tunai Rp. 3.000.000,00
Juara 3 : Uang Tunai Rp. 2.000.000,0

50 karya terbaik peserta akan dipamerkan dalam pameran foto "Geest Van De Architectuur" di GALAXY MALL SURABAYA dan di Universitas Kristen Petra Surabaya.

KETENTUAN LOMBA

Persyaratan Lomba Foto
Terbuka untuk Mahasiswa Aktif di Universitas se-Indonesia (max umur 25 tahun).

PENGUMPULAN KARYA SEKALIGUS SEBAGAI PENDAFTARAN.
  • Obyek foto : exterior bangunan arsitektural yang menunjukan identitas Indonesia.
  • Tanggal dan waktu pengambilan bebas
  • Jenis kamera yang digunakan analog dan digital.
  • Karya harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan serta diikutkan dalam sayembara apapun.
  • Foto yang dilombakan tidak boleh mengandung unsur SARA, sadisme, pornografi / nude photography.
  • Panitia tidak bertanggung jawab jika ada tuntutan hukum dari pihak lain terhadap karya yang masuk.
  • Biaya lomba Rp 75.000,00/peserta. Ditransfer ke rekening BCA dengan nomor 7820178224 a/n  Franciskus Raymond Halim
  • Pengumpulan karya yang tidak disertai dengan biaya pendaftaran tidak akan diikut sertakan dalam lomba dan tidak dikembalikan.

Ketentuan Foto :
  • Diperbolehkan hitam putih / warna.
  • Rekayasa paska pemotretan diperbolehkan sebatas masking dan retouch, montase dan kolase tidak diperkenankan.
  • Foto inframerah diperbolehkan.

Pengumpulan
  • Satu peserta boleh mengumpulkan maksimal 3 (tiga) karya.
  • Dikumpulkan dalam bentuk soft copy dalam CD dengan ketentuan file  Jpeg, RGB resolusi minimum 300dpi, dan dicetak dengan ukuran sisi 20x30cm(10RS). Jika menggunakan kamera analog, tidak perlu melampirkan negatif film dari foto.
  • Dilampirkan 1 (satu) lembar A4 berisi deskripsi singkat objek foto sebagai bangunan identitas Indonesia(termasuk lokasi bangunan).
  • Dilampirkan juga formulir pendaftaran, fotokopi KTM yang masih berlaku, serta bukti transfer biaya pendaftaran.
  • Semua berkas dimasukkan dalam 1(satu) amplop coklat.

Pengiriman Karya

Karya dikirimkan ke :
Kantor TU Arsitektur
Universitas Kristen Petra Gedung P lantai 6
Jalan Siwalankerto 142 – 146
Surabaya 60236

  • Pendaftaran sekaligus pengumpulan karya diterima panitia tanggal 15 Februari-21 Maret 2011
  • Peserta yang karyanya telah diterima oleh panitia akan dikonfirmasi lewat email atau pesan singkat.
  • Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan / kecacatan yang terjadi terhadap karya selama proses pengiriman.
  • Buku katalog hasil karya lomba Geest Van De Architectuur dapat dimiliki dengan biaya tambahan sebesar Rp 50.000,00 / eksemplar. Bagi non-peserta dapat membeli maksimal 3 (tiga) katalog dengan menghubungi Josephine 081703697771

Keterangan Tambahan
  1. Karya yang masuk menjadi hak milik panitia. Panitia berhak menggunakan karya untuk kepentingan publikasi dan kepentingan non komersil lainnya. Hak cipta tetap milik fotografer dan dilindungi dengan UU hak Cipta no. 19/2002.
  2. Penjurian dilakukan secara tertutup, keputusan dewan juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat.
  3. Peserta dianggap telah mengerti dan bersedia mengikuti segala ketentuan panitia.
  4. Ketentuan dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info akan terus diperbaharui pada website www.gadapetra.com
  5. Katalog DILARANG KERAS untuk diperjual belikan atau digunakan lain untuk kepentingan komersial. Segala tuntutan hukum yang terjadi akibat adanya pengunaan katalog yang tidak semestinya tidak menjadi tanggung jawab panita.

DOWNLOAD KETENTUAN
DOWNLOAD FORMULIR

Sekretariat Panitia :
Gedung P lt.6 Jl. Siwalankerto 142-146, Surabaya 60236
Telp : 082156204440
E-mail : gada.petra@gmail.com

SOURCE

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...