Lomba Menulis BABY TRAVELLER (Deadline : 11 Maret 2011)

Teman-teman penulis, tua-muda dan pria-wanita ...

Saya mau mengajak menulis antologi lagi nih, setelah naskah ODiL (One Day in Library) selesai digarap dan sekarang sedang diusahakan untuk diterbitkan (mohon bersabar karena infonya terpisah dengan yang ini), saya punya ide lain untuk menyusun kumpulan cerita tentang membawa putra/putri kita yg masih BALITA "travelling".

Lumayan kan, kita menabung tulisan? Tapi sayangnya, tidak ada royalti untuk kontributor naskah, karena akan digunakan untuk proyek-proyek menyusun buku yang akan datang atau masuk ke Kas Grup "Bunda Terampil Menulis". Mohon ma'af ya? Bagi yang tidak keberatan, ditunggu kontribusinya segera ... Naskah antologi ini akan saya usahakan untuk benar-benar diterbitkan ...

A. PERSYARATAN, CARA PENGIRIMAN & INFO :

*SYARAT UTAMA : MEMBER GRUP "BUNDA TERAMPIL MENULIS" (BTM)*

(Bagi yang belum jadi member, harap bergabung dulu ya?) Buka Link di :

http://www.facebook.com/group.php?gid=113035815407980

  1. Pria/Wanita segala usia. Menikah/Belum Menikah/Single Parent.
  2. Sering travelling baik antar kota, antar pulau atau negara membawa BALITA.
  3. Menceritakan pengalaman di perjalanan saat membawa anak usia 1 bulan s/d 5 tahun.
  4. Si anak adalah anak kandung, atau keponakan, sepupu, dll. (anak teman misalnya)
  5. Boleh pengalaman pribadi atau orang lain (diceritakan kembali), cerita baru atau lama.
  6. Cerita orisinil, asli karya penulis dan bukan menjiplak karya orang lain (plagiat).
  7. Bersedia tidak mendapatkan royalti dan menandatangani form pernyataan tsb.
  8. Tulisan diketik di halaman ukuran A4, huruf Times New Roman, spasi 1.5, maks 4 hal.
  9. Tulisan dikirim dalam bentuk attachement bukan di badan e-mail, dengan file RTF.
  10. Kirim ke : delasarfa_books@yahoo.com, judul subjek : [Baby Traveler] Judul Naskah_Nama Penulis
  11. Deadline : Hari Jum'at, Tgl. 11 Maret 2011 (Bertepatan dgn Sejarah "SUPERSEMAR")
  12. Pengumuman : Hari Kamis, Tgl. 21 April 2011 (Bertepatan dgn Hari Kartini)
B. HAL-HAL LAIN YANG HARUS DIPERHATIKAN :
  1. Mengirimkan hanya 1 file, berisi naskah yang disertai biodata singkat dalam bentuk narasi.
  2. Kirimkan 1 judul saja untuk 1 nama penulis, pilih yang terbaik dan memiliki keunikan tersendiri.
  3. Membuat judul sebaiknya tidak terlalu panjang, dan semenarik mungkin (atau khas).
  4. Dari awal cerita, diharapkan langsung spesifik tentang apa yang akan digambarkan misalnya : kelakuan si anak yang tidak biasa, repotnya ketika si anak pup, urusan makan-minumnya, ketika sakit, repotnya packing atau tas bawaan yang banyak, ketika anak tidur, siapa yang menggendong atau menggandeng, obrolan di perjalanan, anak yang sangat "anteng", berinteraksi dengan orang lain, melihat-lihat, menambah wawasan anak, dsb. Bisa pengalaman berkesan, menyenangkan, menjengkelkan, atau sedang kurang beruntung (sial).
  5. Kumpulan kisah BABY TRAVELER ini diharapkan memiliki variasi yang cukup banyak, jadi usahakan ceritakan yang khusus dan merupakan khasnya atau gayanya si penulis. Hindari yang terlalu umum, karena kemungkinan akan sama dengan tulisan orang lain sehingga ada kemungkinan tidak terpilih sebagai kontributor naskah.
  6. Gunakan pendekatan ke EYD, tapi gaya bahasa yang populer bisa diterima. Kalau ada bahasa yang tidak baku, bisa diberi garis miring atau digunakan dalam dialog. Apalagi anak BALITA bicaranya ada yang "cadel".
  7. Cantumkan nama asli (pemberian orangtua), nama pena (atau nickname) dan nama Akun Facebook yang tidak sering diganti-ganti untuk mempermudah pengiriman informasi. E-mail yang tetap juga dibutuhkan, alamatnya sesuai dengan yang digunakan saat mengirim naskah antologi ini.
  8. Naskah yang lolos, akan diproses untuk diterbitkan. Akan dipertimbangkan nanti apakah akan dikirimkan ke Penerbit atau diterbitkan secara indie (dengan label : delasarfa books).
  9. Setelah mengirim naskah untuk antologi ini, sebaiknya penulis terus berkarya untuk menulis yang lain sehingga tidak terlalu menunggu-nunggu hasil dari proyek antologi ini. *Hihi, penyusun hanya menyarankan lho! :)
  10. Setelah mengirim akan di-reply di e-mail sebagai konfirmasi bahwa naskah telah diterima. Kalau ada pertanyaan, sebaiknya tidak mengirim ke delasarfa_books@yahoo.com karena tidak akan saya baca yang tidak ada kiriman file naskahnya (attachement). Di luar naskah bisa melalui inbox, tapi seperlunya saja (kalau penting sekali).
  11. Oh ya ... boleh diringkas sendiri di akhir tulisan, beberapa tips tentang membawa BALITA dalam travelling ya? Tuliskan secara singkat sekitar 3 - 5 poin (tidak usah panjang-panjang).
  12. Form pernyataan bahwa bersedia tidak mendapatkan royalti akan dikirimkan melalui pos kepada penulis yang naskahnya lolos dan dijadikan sebagai kontributor naskah calon buku BABY TRAVELLER.

Imbalan : Buat penulis yg lolos, misalnya 30 orang akan diberikan 1 eksemplar buku sebagai bukti terbit plus paket sabun sereh ... Wah pokoknya sabunnya OK banget deh, wangiiii & sehat! Bisa bikin pikiran clear & fresh sehingga menciptakan mood menulis ... :D

Buat peserta yg tidak lolos tulisannya, mungkin akan diberikan diskon khusus yg lumayan "terasa" buat beli buku ini. Bisa juga dapat gratis 1 buku, asal bisa menjual sejumlah buku (misalnya minimal 10).

Demikian undangan ini saya "lemparkan" kepada teman-teman penulis pemula maupun senior. Semoga penyusunan Antologi ini dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya akan bermanfa'at jika terwujud menjadi sebuah buku. Amin.

NOTE : Tema sekaligus judul Antologi ini memang terinspirasi dari Buku karya mBak Asma Nadia dkk. yang berjudul JILBAB TRAVELLER ... semoga bisa ketularan suksesnya juga, amiiin. Oh ya, mohon bantuan SHARE yaaa? ^_^

Wassalam,

Ida M. Robit
Depok, 8 Februari 2011

SOURCE

Informasi Lain

2 komentar:

Amar Maruf mengatakan...

Sangata bagus tentunya ajang ini, karena anak-anak adalah satu keunikan dan anugerah tuhan, Tingkahnya yg lucu dan kadang menjengkelkan namun itulah anak2 yg memang pantas jita jaga dan didik sebaik mungkin selain itu saran saya adakan lomba anak yg lain yg berkarakter anak2 jgn lomba dgn mengubah sifat anak menjadi kedewasaan.

Unknown mengatakan...

mudah2an bisa ikut
temanya menarik :)

What's on Your Mind...