Lomba 2011 : Kompetisi Desain Poster “ Ubud Writers and Readers Festival 2011 ″

Kompetisi Desain Poster “ Ubud Writers DAN Readers Festival 2011 ″

Deadline : 20 Februari 2011

Hadiah : Prizes worth more than IDR 20 million

Peserta : Umum (tidak disebutkan)

Persyaratan Kompetisi
Ubud Writers Readers Festival dengan bangga menyelenggarakan kompetisi desain poster yang pertama kalinya untuk memperingati festival yang ke -8. Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat, padat, dan impresif. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital.

OBJEKTIF KOMPETISI

a. Tema poster: “Nandurin Karang Awak“

  1. Tema “Nandurin Karang Awak” diinspirasi oleh salah satu kalimat dalam gaguritan Salampah Laku, puisi panjang tradisional yang ditulis oleh Kawi-Wiku (pendeta-sastrawan) Ida Pedanda Made Sidemen. Dalam geguritan itu Ida Pedanda Made Sidemen menyatakan,”…idep beline mangkin, makinkin mayasa lacur, tong ngelah karang sawah, karang awake tandurin…” (kehendak kakanda sekarang, mulai melakukan tapa kesederhanaan, tidak memiliki tanah sawah, maka tubuh diri-lah yang ditanami)
  2. Mengolah diri sendiri sebagaimana mengolah sawah---menyebarkan benih kebajikan, memotong rumput-rumput keinginan, serta memanen dengan seksama agar hanya biji budi terbaik yang dihasilkan----merupakan konsep filosofis penting dalam tataran spiritual Bali. Dalam tataran keseharian, pernyataan Ida Pedanda Made Sidemen mencerminkan rasa optimis darikelompok manusia yang tidak memiliki tanah---baik karena kemiskinan, pilihanmaupun karena pengasingan---namun masih memiliki keyakinan pada kemampuan dan potensi diri pribadi mereka masing-masing.
  3. Ida Pedanda Made Sidemen diakui sebagai salah satu Kawi-Wiku terbesar sepanjang sejarah Bali. Beliau menulis sejumlah karya sastra, seperti Siwagama, Kakawin Candra Bhairawa, Kakawin Cayadijaya, Kakawin Kalpha Sanghara, Kidung Pisacarana, dan Kidung Rangsang. Selain menulis karya sastra serta melayani umat dengan memimpin upacara keagamaan, Ida Pedanda Made Sidemen juga dikenal sebagai ahli arsitektur tradisional yang mumpuni.Beliau meninggal pada 10 September 1984 dalam usia 126

b. Sasaran poster:
“Sasaran utama komunikasi poster adalah peminat dan pelakubidang literatur. Seperti penulis, jurnalis, pembaca, penggemar buku, dan sebagainya”.

c. Tujuan poster
  1. Mengkomunikasikan isi dan tujuan dari acara Ubud Writers Readers Festival 2011
  2. Menggugah ketertarikan publik dan menimbulkan minat mereka untuk berpartisipasi dalam acara Ubud Writers Readers Festival 2011
  3. Mengkomunikasikan makna dari slogan, Nandurin Karang Awak – Cultivate The Land Within sebagai tema dari Ubud Writers Readers Festival 2011

d. Anjuran:
Peserta Kompetisi dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema Nandurin Karang Awak
dan mempelajari preferensi dari sasaran komunikasi poster,terutama dalam pemilihan elemen grafis dan pemilihan gaya bahasa

KETERANGAN TEKNIS KOMPETISI

a. Format karya poster:
Karya asli.
Dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal.

Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.

b. Ketentuan karya
  1. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta (pastikan apabila menggunakan gambar/foto yang didownload dari internet atau dari sumber manapun, hak ciptanya ada pada peserta) dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).
  2. Apabila ditemukan bukti pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya.
  3. Karya dapat berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu atau kolaborasi atas nama institusi atau perusahaan.
  4. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital.
  5. Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik festival. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut. Hasil karya akan dikembangkan menjadi berbagai macam materi promosi festival.

c. Tata Cara Pengiriman Karya:
Ada 2 cara untuk mengirim karya ,yaitu melalui email atau pos-paket.

Email :
  • 1 buah karya asli dengan mode warna RGB, jpg, dimensi 1181 x 1772 pixels (sama dengan 20x 30 cm, 150 pixel/inch), posisi vertical, besar file < 500KB.
  • 1 formulir registrasi yang terisi dengan lengkap.
  • Tulis “Kompetisi Desain Poster Ubud Writers Readers Festival 2011” pada subjek email.

Pos-paket :
  • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya.
  • 1 buah komputer printout karya ditempel ke atau pada kertas A4 tebal

  • 1 formulir registrasi Kompetisi (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya).
  • 1 buah photocopy KTP.
  • Tulis “Kompetisi Desain Poster Ubud Writers Readers Festival 2011” pada sudut kiri atas amplop.
  • Mohon untuk tidak menggulung atau melipat amplop. Karya harus diterima dalam keadaan rapi, tidak tertekuk, dan utuh.
  • Mohon untuk mengirimkan seluruh karya secara sekaligus, dan tidak terpisah.

d. Waktu dan alamat pengiriman karya:
Email / Paket Karya harus diterima paling lambat pada 20 Februari 2011
Melalui email ke : info@ubudwritersfestival.com

Melalui Paket – Pos ke :
Yayasan Mudra Swari Saraswati
Ubud Writers Readers Festival Building
Jl.Raya Sanggingan (next to Indus)
P.O Box 181 Ubud Bali
Indonesia 80571

PENJURIAN
  1. Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
  2. orisinalitas karya.
  3. Kesesuaian tema dan konsep desain.
  4. Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan, inovasi serta sisi artistik penyajian visual.
  5. Keputusan dewan juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan komunikasi atau surat menyurat. Jika setelah hasil keputusan juri, kemudian terbukti karya pemenang mengandung unsur pelanggaran ketentuan Kompetisi (terutama pelanggaran unsur hak cipta dan adanya penjiplakan/plagiasi), maka karya tersebut dapat dibatalkan sebagai pemenang, termasuk pembatalan penghargaannya.
  6. Festival tidak bertanggungjawab apabila terjadi kebocoran penjiplakan/plagiasi karya yang terjadi setelah pengumuman pemenang / setelah festival berlangsung, kontestan bertanggung jawab penuh apabila adanya pelanggaran ini.

PENGHARGAAN
Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan uang tunai sebesar 5 juta rupiah, sertifikat, akomodasi selama 6 malam, tiket penerbangan ke Bali, dan tiket masuk festival selama 4 hari (bernilai lebih dari Rp. 20.000.000,- / USD 2,000).

PEMENANG
Pengumuman pemenang akan dilakukan pda tanggal 27 Februari 2011 melalui website :
www.ubudwritersfestival.com
dan email serta akan diumumkan pada saat Closing Night festival.


Kontes Link : http://dgi-indonesia.com

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...