LOMBA 2011 : " DESAIN TEASER POSTER FILM BATAS 2011 "

LOMBAKU.CO.NR - DEADLINE : 30 Januari 2011

Di industri perfilman nasional, teaser poster masih dianggap sebagai barang langka. Jarang sekali sebuah film mengeluarkan teaser poster sebelum akhirnya merilis poster resmi. Hakikinya teaser poster adalah sebagai medium awal perkenalan film yang bersangkutan kepada masyarakat luas. Karenanya tentu saja kreatifitas menjadi hal terpenting sehingga publik tertarik untuk mengetahui film tersebut setelah melihat teaser posternya.

Maka Keana Productions menggandeng Flick Magazine untuk mensosialisasikan lomba desain teaser poster film BATAS, sebuah film yang disutradarai Rudi Soedjarwo dan diproduseri oleh Marcella Zalianty. BATAS berkisah tentang seorang perempuan urban yang mencoba melewati batas dalam dirinya demi memperjuangkan kehidupan masyarakat di Entikong, Kalimantan Barat, yang menjadi salah satu perbatasan Indonesia – Malaysia.

Selain sebagai salah satu sarana sosialisasi dari film BATAS, lomba ini juga bertujuan melahirkan bibit-bibit baru dalam dunia desain grafis khususnya yang akan menyemarakkan kreatifitas dari poster film nasional. Tujuan tersebut senafas dengan keinginan dari Keana Production untuk memberi nafas baru bagi perfilman tanah air.

Lingkup Karya dan Peserta Lomba

Lomba desain teaser poster dalam wujud digital terbuka untuk umum.

Tema Lomba

“Lewati Batasmu”

Peserta diharapkan sekreatif mungkin menerjemahkan tema dalam wujud teaser poster yang komunikatif dan bisa menyampaikan pesannya dengan baik. Dalam hal ini, teknik dan gaya visualisasi diberikan kebebasan seluas-luasnya namun peserta tidak diperbolehkan memakai elemen apapun yang melanggar hak cipta (jika menggunakan foto, pastikan hak ciptanya ada pada peserta). Jika poster dibuat secara manual, maka dilakukan proses pemindaian (scan) sehingga akhirnya berwujud digital. Peserta bisa mengeksplorasi tema tersebut dengan informasi seputar film BATAS yang telah dipublikasikan di media. Hak cipta dari poster yang dikirimkan tetap menjadi milik masing-masing peserta. Apabila hendak dipublikasikan oleh pihak panitia/penyelenggara dan sponsor dalam kaitannya dengan lomba maupun untuk kepentingan film BATAS, maka peserta akan dihubungi langsung terlebih dahulu oleh pihak panitia. Keseluruhan karya yang dikirimkan akan dipublikasikan langsung melalui official blog, Fanpage dan Twitter dari film BATAS.

Format Karya Poster
Karya asli dibuat dengan format digital RGB/TIFF, ukuran 60×90 cm, 150 pixel/inch, posisi vertikal
Thumbnail (perkecilan) karya : dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534×800 pixels (setara dengan 9×13,5 cm, 150 pixel/inch, posisi vertikal, ukuran > 220 KB

Pengiriman Karya dan Pengumuman Pemenang
Pengiriman karya mulai 10 – 30 Januari 2011
Pengumuman pemenang pada 7 Februari 2011

Kategori Pemenang
Pemenang dibagi dalam 2 Predikat :

  • Predikat Terbaik memperebutkan hadiah uang tunai 7,5 juta rupiah
  • Predikat Terfavorit memperebutkan hadiah uang tunai 2,5 juta rupiah
  • Pemenang Terbaik secara otomatis akan dilibatkan sebagai tim kreatif desain poster resmi film BATAS
  • Pemenang Terfavorit dipilih berdasarkan banyaknya “Like” pada Fanpage Film BATAS (selama proses pengiriman karya dilangsungkan : periode 10 – 30 Januari 2011)

Pengiriman Karya
Karya asli dikirim dalam bentuk CD beserta formulir pendaftaran ke :

Keana Production
Gedung Central Cikini No 58 WX, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat

Harap cantumkan kode “Lomba Poster BATAS” pada sudut kiri atas amplop. Sementara thumbnail karya dikirim via e-mail ke film.batas@gmail.com

::: SOURCE 1 | | | SOURCE 2 :::

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...