Kompetisi Ekonomi Pariwisata dari UI (KOMPek) 2011

LOMBAKU.CO.NR - DEADLINE : 11 JANUARI 2011

LOMBA : Economic Quiz (EQ), Economic Debate Competition (EDC), Bussiness Challenge (BC), dan Economic Research Paper (ERP)

Salah satu komponen pendukung perekonomian Indonesia adalah pariwisata. Dengan didukung ribuan pulau beserta keragaman yang bervariasi, potensi Indonesia dalam pariwisata sebenarnya cukup menjanjikan.

Sayangnya, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) Indonesia tiap tahun hanya berkisar pada angka enam juta, menghasilkan rata-rata porsi lima persen pada produk domestik bruto (PDB) nasional. Negara tetangga yang memiliki luas wilayah lebih kecil dari kita, Malaysia dan Thailand, justru bisa menarik wisman rata-rata hingga 20 juta orang tiap tahun.

Fenomena ini menarik untuk diteliti lebih lanjutan, terutama generasi muda sebagai agen perubahan. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI) pun menginisiasi sebuah kompetisi tingkat nasional dalam bidang ekonomi. Ajang tersebut diberi nama KOMPek 13: Awakening the Tourism Economy.

KOMPek 13 ditujukan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA). Kompetisi yang telah diselenggarakan selama 13 tahun ini akan digelar pada 8, 9, dan 10 Februari 2011 mendatang di FE UI Depok.

Pariwisata menjadi tema kompetisi ini sebagai maksud menggugah kesadaran generasi muda akan kayanya potensi Indonesia dalam kancah pariwisata dunia. "Generasi muda Indonesia diharapkan bisa menggantikan pejabat saat ini dengan visi baru, sebuah impian ketika pariwisata Indonesia bisa menjadi tonggak pendapatan nasional, tidak lagi bergantung pada hasil bumi seperti gas alam dan minyak bumi," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis BEM FEUI, Selasa (28/12/2010).

Kompetisi ini terdiri dari empat lomba yaitu Economic Quiz (EQ), Economic Debate Competition (EDC), Bussiness Challenge (BC), dan Economic Research Paper (ERP). EQ merupakan kuis cepat tepat dengan topik ekonomi dan akuntansi dengan satu tema mendalam. Dalam EDC, para peserta akan berdebat tentang topik ekonomi menggunakan bahasa Inggris.

BC mulai dilombakan pada KOMPek 11. Cabang lomba ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kewirausahaan pada pelajar. Pada ERP, peserta diminta membuat karya tulis tentang suatu masalah ekonomi terkini dengan tenggat waktu yang ditentukan.

::: SOURCE 1
::: SOURCE 2
::: SOURCE 3
::: SOURCE 4

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...