LOMBA KARYA TULIS LITL 2011

LOMBAKU.CO.NR - Abstrak - Dalam Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan 2011 (LITL 2011) ini mengangkat tema “Optimalisasi Teknologi dalam Pengelolaan Sumber Daya Air”.

Batas akhir pengumpulan karya tulis :

  • Perguruan Tinggi : 4 Februari 2011
  • SMA : 18 Februari 2011

Dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke panitia

KETENTUAN LOMBA

Lomba Karya Tulis LITL 2011

Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan (LITL) ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori SMA/MA dan perguruan tinggi (baik negeri ataupun swasta). Tema lomba karya tulis “ Inovasi dalam Pengelolaan Sumber Daya Air yang Berkelanjutan

Kategori SMA/MA
Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah ini para peserta SMA/MA mengirim karya tulis dalam bidang teknologi dalam pengelolaan SDA sebagai salah satu bentuk kepedulian akan keberadaan Sumber Daya Air di Bumi . Karya Tulis yang dikirim akan melalu tahap seleksi awal. Finalis yang terpilih akan mempresentasikan karyanya dalam tahap final.

Ketentuan lomba karya tulis :
  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah LITL 2011 ini dapat diikuti oleh SMA/Sederajat di kawasan Jawa dan Bali
  2. Setiap institusi SMA/sederajat dapat mengirimkan lebih dari satu tim.
  3. Setiap tim terdiri dari maksimal 2 (dua) orang siswa dan maksimal 1 (Satu) orang guru pembimbing dari sekolah yang sama
  4. Setiap peserta wajib mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran (Formulir bisa di dapat di himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS atau download di blog resmi LITL 2011 litl2011.blogspot.com)
  5. Karya merupakan karya sendiri/orisiil dari mahasiswa yang bersangkutan (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan yang ada dalam lampiran buku panduan ini)
  6. Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis hasil penelitian tentang karya mereka. Format penulisan karya tulis dapat dilihat pada buku panduan.
  7. Setiap tim harus mengumpulkan tiga berkas karya tulis yang akan diserahkan pada masing-masing juri
  8. Pengumpulan karya harus menyertakan formulir pendaftaran (dapat download di website maupun dalam panduan) dan fotokopi identitas diri (KTP/KTM/Kartu pelajar) yang masih berlaku serta 2 lembar pas foto peserta ukuran 4x6.
  9. Berkas Karya Tulis peserta kemudian akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan finalis
  10. Setiap tim finalis wajib memiliki berkas Karya Tulis mereka untuk dibawa pada saat presentasi final
  11. Apabila karya peserta berupa produk, peserta wajib membawa maket atau alat peraga pembuatan produk.
  12. Pengurangan penilaian dan diskualifikasi akan dilakukan apabila terjadi pelanggaran dan kecurangan selama mengikuti lomba ini.

Dewan juri terdiri dari berbagai kalangan, yaitu :
  1. Akademisi (Perguruan Tinggi)
  2. LSM
  3. Institusi

Kategori Perguruan Tinggi
Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah ini para peserta Perguruan Tinggi mengirim karya tulis dan rancangan alat dalam bidang teknologi dalam pengelolaan SDA sebagai salah satu bentuk kepedulian akan keberadaan Sumber Daya Air di Bumi . Karya Tulis yang dikirim akan melalu tahap seleksi awal. Peserta yang lulus tahap seleksi awal akan diberitahu untuk mempersiapkan alat dan poster yang menjelaskan gambaran umum dari alat tersebut. Baik alat maupun poster kemudian akan dibawa pada saat presentasi final.

Ketentuan lomba karya tulis :
  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi ini dapat diikuti oleh peserta dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.
  2. Setiap tim terdiri dari maksimal 3 (tiga) orang mahasiswa yang masih aktif di institusi pendidikan dan maksimal 1 (satu) orang dosen pembimbing dari institusi pendidikan yang sama (peserta dalam satu kelompok boleh dari jurusan yang berbeda tapi dalam satu institusi).
  3. Setiap peserta wajib mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran ( Formulir bisa diperoleh di Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS atau download di blog resmi LITL 2011 litl2011.blogspot.com )
  4. Setiap tim harus membuat karya tulis hasil penelitian tentang karya mereka ( Sistematika penulisan dapat dilihat pada buku panduan ini )
  5. Setiap tim harus mengumpulkan tiga berkas karya tulis yang akan diserahkan dengan rincian tiga proposal untuk juri penilai.
  6. Pengumpulan karya harus menyertakan formulir pendaftaran (dapat download di website maupun dalam panduan) dan fotokopi identitas diri (KTP/KTM/Kartu pelajar) yang masih berlaku serta 2 lembar pas foto peserta ukuran 4x6.
  7. Berkas Karya Tulis peserta kemudian akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan finalis.
  8. Para finalis kategori Perguruan Tinggi yang telah lolos tahap seleksi awal diharuskan merealisasikan karya ( berupa alat atau produk ) mereka untuk dipresentasikan dihadapan dewan juri dan khalayak umum serta membuat poster pada tahap penjurian akhir.
  9. Karya peserta merupakan karya sendiri dari mahasiswa yang bersangkutan ( disertai pernyataan tertulis yang ada dalam buku panduan ini )
  10. Karya yang berupa Tugas Akhir (TA) ataupun sejenisnya dapat diikutsertakan dalam LITL 2011 dengan catatan peserta masih berstatus mahasiswa aktif pada waktu mendaftar. Setiap karya yang dikirimkan tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam kegiatan lomba sejenis lainnya atau sudah pernah berpartisipasi dalam Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan 2010 (LITL 2011).
  11. Setiap tim finalis wajib memiliki berkas Karya Tulis peserta untuk dibawa saat presentasi.
  12. Pengurangan penilaian dan diskualifikasi akan dilakukan apabila terjadi pelanggaran dan kecurangan selama mengikuti lomba ini.
Dewan juri terdiri dari berbagai kalangan, yaitu :
  1. Akademisi (Perguruan Tinggi)
  2. LSM
  3. Institusi

Kriteria penilaian lomba , yaitu :

  • Kesesuaian dengan tema



  • Sistematika penulisan proposal



  • Orisinalitas ide



  • Nilai guna dan ramah lingkungan



  • Cara dan Hasil Pengoperasian



  • Performa presentasi karya



  • Inovasi dan Kreativitas



  • Desain dan Estetika



  • Nilai ekonomi



  • HADIAH
    Kategori Perguruan Tinggi
    • Juara 1 : Rp 3.500.000
    • Juara 2 : Rp 2.500.000
    • Juara 3 : Rp 1.500.000

    Kategori SMA
    • Juara 1 : Rp 1.500.000
    • Juara 2 : Rp 1.000.000
    • Juara 3 : Rp 750.000

    Keterangan Lebih Lengkap :

    Contact Person : (031) 78253690 (Deni)

    atau

    Sekretariat Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan (LITL) 2011
    Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS
    Gedung Jurusan Teknik Lingkungan ITS
    Kampus ITS Sukolilo
    Surabaya 60111

    Telp. 031-5998646

    E-mail : litl2011@gmail.com
    Website : http://www.hmtl-its.org/
    Blog : http://litl2011.blogspot.com/

    Informasi Lain

    1 komentar:

    Anonim mengatakan...

    mas sekarang kan btas pengumpulan terakhir?!
    kalau mengirim sekarang melalui pos...dan sampai disna besok bagaimana?
    kalau tidak sah...saya nanti ke sana,,??ke kampusnya....menyerahkan sendiri....
    4 orang......
    dari sufyan SMA N 1 Jombang
    tolong hubungi 085736543689

    What's on Your Mind...