Lomba Paduan Suara XXII ITB 2010

Deadline : 28 Februari 2010

Tahun 2010 yang akan datang, Festival Paduan Suara Institut Teknologi Bandung (FPS ITB) mencapai pelaksanaan yang ke-22 sejak pertama dicetuskan pada 1968. Suatu perjalanan panjang yang tentu saja telah banyak dirasakan manfaatnya oleh komunitas paduan suara Indonesia.

Dalam tiga festival terakhir, FPS XIX ITB 2004, FPS XX ITB 2006, dan FPS XXI ITB 2008, kami mempersiapkan FPS ITB untuk menjadi sebuah kompetisi paduan suara internasional. Dengan persiapan tersebut, the 1st ITB International Choir Competition 2010 akan kami laksanakan.

Namun demikian, misi awal FPS ITB sebagai ajang pembinaan bagi paduan suara Indonesia tidak pernah kami lupakan. Dengan dicetuskannya 1st ITB ICC 2010, FPS ITB akan kembali menjadi wadah bagi paduan suara Indonesia dari seluruh strata pendidikan untuk belajar, berinteraksi, dan, pada akhirnya, berkompetisi.

Kami mengundang paduan suara Indonesia setingkat SD, SMP, SMA, serta Perguruan Tinggi dan Umum untuk berpartisipasi dalam Festival Paduan Suara XXII ITB 2010. Kampus ITB, 25-29 Juli 2010.

KETENTUAN UMUM

1. Peserta FPS XXII ITB 2010 adalah paduan suara anak, remaja, dewasa, dan dewasa sejenis yang berdomisili di Indonesia.
2. Paduan suara yang berdomisili di Indonesia diperbolehkan untuk mendaftar pada Festival Paduan Suara XXII ITB 2010 dan 1ST ITB International Choir Competition 2010.
3. Semua anggota peserta, kecuali dirigen dan pemusik, harus berstatus amatir.
4. Jumlah penyanyi setiap paduan suara adalah 24-50 orang.
5. Setiap paduan suara boleh dipimpin oleh lebih dari satu dirigen. Setiap dirigen hanya diperbolehkan memimpin satu paduan suara dalam suatu kategori. Seorang dirigen diperbolehkan memimpin paduan suara pada kategori yang berbeda.
6. Tidak ada penyanyi yang menjadi anggota lebih dari satu paduan suara di kategori yang sama.
7. Paduan suara diperbolehkan untuk mendaftar lebih dari satu kategori apabila persyaratan dalam kategori tersebut dapat dipenuhi. Jika suatu paduan suara berpartisipasi dalam beberapa kategori, maka lagu yang dibawakan dalam suatu kategori HARUS berbeda dengan lagu yang dibawakan dalam kategori lainnya.
8. Seluruh Kategori (A, B, C, D, E1, E2 dan F) akan dilaksanakan dalam TIGA babak, yaitu Babak Seleksi Rekaman, Babak Kualifikasi, dan Babak Kompetisi. Babak Seleksi Rekaman HANYA akan dilaksanakan apabila jumlah pendaftar melebih kuota peserta di suatu Kategori.
9. Paduan suara dapat menyanyikan lagu yang sama untuk Babak yang berbeda dalam suatu Kategori. SEMUA lagu yang dibawakan harus memperoleh persetujuan dari Dewan Direktur Artistik.
10. Semua lagu harus ditampilkan dengan menggunakan bahasa asli atau terjemahan resmi.
11. Dalam Babak Kompetisi, peserta membawakan Lagu Wajib yang akan diumumkan Panitia pada Desember 2009.
12. Durasi penampilan dalam Babak Kualifikasi pada seluruh Kategori tidak melebihi 10 menit. Durasi penampilan dalam Babak Kompetisi pada Kategori A, B, C, D, E1, dan E2 tidak melebihi 15 menit, sedangkan pada Kategori F tidak melebihi 12 menit. Durasi penampilan dihitung dari saat dirigen memberi hormat hingga lagu berakhir. Pelanggaran batas durasi penampilan akan berakibat pada pengurangan nilai.
13. Iringan musik yang diperbolehkan adalah iringan ASLI yang merupakan gubahan komponis. Setiap paduan suara diwajibkan menyediakan alat musik dan pemusik. Panitia hanya menyediakan piano di panggung.
14. Persyaratan strata pendidikan harus dipenuhi oleh setiap anggota paduan suara (kecuali dirigen dan pemusik) dalam Kategori A, B, C, dan D (khusus peserta Perguruan Tinggi).
15. Penggunaan amplifikasi dan materi hasil rekaman dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan.
16. Panitia menyarankan agar paduan suara menggunakan dan menyerahkan partitur asli atau partitur terotorisasi. Apabila suatu paduan suara tidak menggunakan partitur asli atau partitur terotorisasi yang berakibat pada pelanggaran hak cipta, hal ini berada di LUAR tanggung jawab Panitia.
17. Panitia TIDAK mengadakan pertemuan teknis. Segala hal yang berkaitan dengan peraturan lomba dapat ditanyakan kepada Panitia melalui e-mail artistic@fpsitb.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it dan segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran melalui e-mail registration@fpsitb.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .
18. Agar pertanyaan peserta dan jawaban Panitia dapat terdokumentasi dengan baik, Panitia TIDAK melayani pertanyaan mengenai peraturan lomba melalui telepon. Semua hal mengenai peraturan lomba yang dikomunikasikan melalui media selain e-mail TIDAK dapat dianggap sebagai jawaban resmi Panitia.

KETENTUAN PENILAIAN DAN PENJURIAN
1. Dewan Juri terdiri dari tokoh paduan suara dan musik yang berkompetensi di bidangnya.
2. Keputusan dewan juri tidak dapat di ganggu gugat.
3. Penampilan akan dievaluasi berdasarkan criteria berikut:

I) Evaluasi Teknis: (a) Intonasi (b) Kualitas suara
II) Evaluasi Artistik: (a) Kesesuaian dengan partitur (b) Impresi artistik keseluruhan
4. Penilaian didasarkan pada sistem numerik dengan nilai maksimal 100.
I) Pada Babak Kualifikasi
Peserta dengan nilai 40 – 59.99 akan memperoleh diploma tingkat III, nilai 60 – 79.99 diploma tingkat II dan nilai 80 – 100 diploma diploma tingkat I.
Peserta yang memperoleh diploma tingkat I berhak untuk memasuki Babak Kompetisi.
II) Pada Babak Kompetisi
Peserta dengan nilai 40 – 59.99 akan memperoleh medali perunggu, nilai 60 – 79.99 medali perak dan nilai 80 – 100 medali emas.
5. Juara Kategori dianugerahkan kepada paduan suara dengan nilai tertinggi yang memperoleh medali emas. Juara Kategori akan memperoleh piala FPS XXII ITB 2010.
6. Juara Kategori akan diundang oleh Dewan Direktur Artistik untuk tampil dalam Upacara Pembukaan 1st ITB International Choir Competition 2010. Juara Kategori berhak untuk berpartisipasi pada 2nd ITB International Choir Competition 2012 TANPA melalui proses seleksi.

KATEGORI KOMPETISI

Ketentuan lagu yang dibawakan oleh peserta Kategori A, B, C, D, E1, dan E2 adalah:

Babak Seleksi Rekaman:

DUA lagu bebas pilihan peserta yang merupakan komposisi/aransemen paduan suara.

Babak Kualifikasi:

DUA lagu bebas pilihan peserta yang merupakan komposisi/aransemen paduan suara dan bukan merupakan Lagu Wajib dalam FPS XXII ITB 2010.

Babak Kompetisi:

Lagu Wajib: Ditentukan oleh panitia (diumumkan pada Desember 2009).

DUA buah Lagu Pilihan:

1. Lagu komposisi/aransemen paduan suara karya komponis luar Indonesia.
2. Lagu bebas pilihan peserta yang merupakan komposisi/aransemen paduan suara.

Dalam Kategori D, E1, dan E2, minimal SATU Lagu Pilihan yang dibawakan harus merupakan komposisi a capella.

Kategori A: Paduan Suara Anak Setingkat Sekolah Dasar
Paduan suara S(S)A(A) yang anggotanya terdiri dari siswa terdaftar pada sekolah setingkat Sekolah Dasar pada bulan Februari 2010.

Kategori B:
Paduan Suara Anak Setingkat Sekolah Menengah Pertama

Paduan suara S(S)A(A) yang anggotanya terdiri dari siswa terdaftar pada sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama pada bulan Februari 2010.

Kategori C:
Paduan Suara Remaja Setingkat Sekolah Menengah Atas

Paduan suara SA(T)Bar/B yang anggotanya terdiri dari siswa terdaftar pada sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas pada bulan Februari 2010.

Kategori D:
Paduan Suara Dewasa Tingkat Perguruan Tinggi dan Umum

Paduan suara SATB.

Khusus untuk Paduan Suara Mahasiswa yang mewakili suatu perguruan tinggi, anggotanya terdiri dari mahasiswa terdaftar pada perguruan tinggi tersebut pada bulan Februari 2010.

Kategori E: Paduan Suara Sejenis

E1. Paduan Suara Pria

Paduan suara T(T)B(B)

E2. Paduan Suara Wanita

Paduan suara S(S)A(A).

Kategori F: Lagu Rakyat Indonesia

Terbuka untuk paduan suara anak, remaja, dewasa, dan dewasa sejenis.

Untuk Kategori F, ketentuan lagu adalah:

Babak Seleksi Rekaman dan Babak Kualifikasi:

DUA lagu komposisi/aransemen paduan suara yang berdasarkan lagu rakyat Indonesia.

Babak Kompetisi:

Lagu komposisi/aransemen untuk paduan suara yang berdasarkan lagu rakyat Indonesia, minimal terdiri dari:

1. SATU lagu rakyat dari etnis asli domisili peserta dan
2. SATU lagu rakyat BUKAN dari etnis asli domisili peserta

KETENTUAN BERPARTISIPASI
1. Buku Panduan Peserta dan Formulir Pendaftaran dapat diunduh dari laman FPS XXII ITB 2010 www.fpsitb.com
2. Formulir Pendaftaran harus dikirimkan dengan menggunakan pos tercatat paling lambat 28 FEBRUARI 2010 (stempel pos) kepada:

ADMINISTRATION OFFICE
The 1st ITB International Choir Competition 2010
Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesa 10 Bandung 40132
Indonesia

e-mail : artistic@fpsitb.com
website : www.fpsitb.com



3. Formulir Pendaftaran harus dilengkapi dengan:

1. Selembar FOTO digital beresolusi minimal 300 dpi.
2. Biodata paduan suara dan biodata dirigen.
3. Sebuah audio CD yang berisi DUA buah lagu untuk keperluan Babak Seleksi Rekaman. Rekaman harus dilaksanakan setelah bulan NOVEMBER 2007 dan disertai dengan surat pernyataan dari dirigen mengenai keotentikan rekaman dan tanggal pembuatan rekaman.
4. SATU buah salinan partitur dari SETIAP lagu yang dibawakan.
5. PEMBAYARAN dana partisipasi:

i Bagi paduan suara anak dan remaja peserta Kategori A, B, C, dan F sebesar Rp. 800.000 untuk Kategori pertama yang diikuti dan Rp. 500.000 untuk Kategori selanjutnya.
ii Bagi paduan suara dewasa peserta Kategori D, E1, E2, dan F sebesar Rp. 1.200.000 untuk Kategori pertama yang diikuti dan Rp. 500.000 untuk Kategori selanjutnya.

Dana partisipasi akan dikembalikan HANYA jika peserta tidak dapat mengikuti FPS XXII ITB 2010 berdasarkan keputusan Dewan Direktur Artistik. Dana partisipasi TIDAK akan dikembalikan apabila peserta mengundurkan diri dari FPS XXII ITB 2010.
4. Proses pendaftaran akan dianggap selesai apabila peserta telah melengkapi semua persyaratan di atas.
5. Seluruh aplikasi akan diseleksi oleh Dewan Direktur Artistik yang akan memberikan keputusan melalui email paling lambat 28 MARET 2010.
6. Dalam tempo 20 hari sejak pengumuman penerimaan, peserta yang diterima harus mengkonfirmasi keikutsertaan dengan menggunakan fax atau e-mail. Jika dalam jangka waktu yang ditentukan Panitia tidak menerima konfirmasi, maka Dewan Direktur Artistik berhak untuk memilih peserta lain.
7. Untuk mengkonfirmasi keikutsertaan, peserta harus mengirimkan LIMA partitur untuk setiap lagu yang telah disetujui oleh Dewan Direktur Artistik. Peserta bertanggung jawab untuk segala hal yang berkaitan dengan hak cipta lagu yang akan ditampilkan.

ADMINISTRATION OFFICE
The 1st ITB International Choir Competition 2010
Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesa 10 Bandung 40132
Indonesia
e-mail : info@fpsitb.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
website : www.fpsitb.com
Unduh Aturan Kompetisi dan Berpartisipasi (Versi PDF)

Sumber : FPS ITB

Informasi Lain

Tidak ada komentar:

What's on Your Mind...